Sejarah Toyota Land Cruiser, SUV Tangguh yang Jadi Mobil Presiden

Sejarah Toyota Land Cruiser, SUV Tangguh yang Jadi Mobil Presiden
Mobil kepresidenan Toyota Land Cruiser 200.

Sejarah mobil SUV tangguh Toyota Land Cruiser dimulai sejak tahun 1954 yang lalu. Land Cruiser memulai kiprahnya sebagai buah mimpi dari pendiri Toyota, yaitu Kiichiro Toyoda, yang ingin sebuah mobil yang diproduksi dengan harga terjangkau, namun memiliki performa tinggi dan ekonomis serta dibuat di Jepang.

Prototipe mobil Land Cruiser pertama kali dibuat pada Januari 1951. Prototipe yang dibuat pada saat itu disebut sebagai BJ, sebuah sasis truk 1 ton dengan mesin bensin 3.386 cc sejajar 6 silinder berbahan bakar bensin.

6 Bulan kemudian, Ichiro Taira menjadi test driver menjajal mobil prototipe menuju 6-10 cek poin di Gunung Fuji, Jepang. Pada saat itu, orang-orang bersikap skeptis, mungkinkah mobil four wheel drive bisa menjangkau Gunung Fuji yang ketinggiannya mencapai 3.775 meter.

Setelah sukses dites, Toyota kemudian menjual mobil di berbagai negara, dan sekaligus mengharumkan nama Toyota ke negara lain. Nama Land Cruiser sendiri diberikan oleh Direktur Teknologi Toyota, Hanji Umehara pada bulan Juni 1954.

Pada saat ini, Land Cruiser terjual paling banyak di negara Australia, sekitar 10 persen dari seluruh Land Cruiser di dunia ada di Australia. Total penjualan Land Cruiser di seluruh dunia mencapai 7 juta unit.

Sementara jika menghitung secara tahunan, Land Cruiser paling banyak beredar di negara Timur Tengah. Land Cruiser juga dipakai di Indonesia sebagai mobil kepresidenan. Bapak Presiden Joko Widodo beberapa kali sempat terlihat menggunakan mobil SUV-nya Toyota ini. Saat berkunjung ke Batam, mobil Land Cruiser 200 menemani iring-iringan mobil Joko Widodo.

Tahun 2017, Land Cruiser sudah berumur 63 tahun dan menjadi model Toyota yang paling tua, yang kemudian disusul Toyota Corolla (Corolla ada sejak tahun 1966) yang lebih muda 12 tahun dibanding Land Cruiser.

Sumber: Detik Oto.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *